Penyebab Ban Benjol Pada Motor

1

Terkadang sering kita jumpai fenomena ban benjol pada motor ataupun mobil. Tapi yang mimin sering jumpai kasusnya yakni pada ban motor. Fenomena ini tidak memandang usia motor tersebut. entah motor itu baru atau lama, fenomena ban benjol ini kerap muncul dan dialami oleh sebagian kecil motor. Nah kira-kira apa sih penyebab ban benjol ini ? Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

okeh pertama, penyebab utama fenomena ban benjol yaitu cacat produksi pabrik. Ada juga faktor lain yakni daya rekat comp’d tread dan komponen lain lemah, lalu ada benda asing (cairan anti bocor dll), dan juga ukuran velg yang terlalu kecil/ tidak sesuai dengan ukuran ban.

Nah…. Darisekian banyak penyebab yang ada, munkin kita bisa mengatasinya dengan cara menyesuaikan ukuran ban dengan ukuran velg dan juga menyesuaikan tekanan ban tersebut dengan asumsi sebagai berikut :

  • Ban depan ; 25-30 psi
  • Ban Belakang ; 30-35 psi

Tekanan angin juga berpengaruh pada ban untuk kenyamanan berkendara dan masa habisnya ban. Apabila terlalu kencang maka bagian tengah akan habis lebih dulu, dan apabila tekanan angin kurang bagian samping ban yang akan habis terlebih dahulu. See…. ??

Artikel terkait :

Iklan
Pos ini dipublikasikan di TIPS MOTOR dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s