Honda Dream Cup dan Honda Modif Contest 2016 SATU HATI SATU JIWA di Stadion Kanjuruhan Malang

IMG_20160501_115700

Astra Honda Motor (AHM) berupaya untuk terus pembinaan dan pengembangan talenta balap di tanah air Indonesia, salah satunya adalah menggelar ajang Honda Dream Cup (HDC) 2016, Honda Dream Cup merupakan transformasi dari event balap Honda di tahun-tahun sebelumnya yang bernama Honda Racing Championship (HRC), ada alasan mengapa event balap tahunan Honda ini berubah namanya karena Honda melalui AHM ingin membantu anak-anak Indonesia mewujudkan impian di dunia balap baik nasional dan internasional.

Sebagaimana Bp. Anggono selaku Senior Manager Safety Riding and Motorsport AHM mengatakan saat press conference jelang race Honda Dream Cup :

“Lewat ajang ini kami ingin membantu mereka untuk meraih impian, bukan mimpi. Itu dua hal yang berbeda, impian bisa dibilang lebih seperti harapan, sedangkan mimpi hanya angan-angan”.

wp-1461773704557.jpeg

Untuk seri perdana Honda Dream Cup (HDC) 2016 digelar di kota Malang tepatnya di Stadion Kanjuruhan, ada alasan khusus mengapa seri perdana ini digelar di Malang, dari beberapa sumber yang OB dapat bahwa ini merupakan wujud penghargaan dan apresiasi kepada warga Jawa Timur karena market terbesar Honda ada di Jawa Timur, untuk itu seri perdana HDC 2016 ini digelar di Jawa Timur dan kota Malang lah kota yang beruntung mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah.

IMG_20160501_084120

Sedangkan untuk seri selanjutnya HDC 2016 akan kembali digelar di kota Banjarmasin, Bandung, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Sidrap, dan Yogyakarta, Ada sembilan kelas yang diperlombakan dalam seri awal ini. New Honda Sonic 150R adalah kelas baru yang hadir melengkapi kelas-kelas yang sudah ada sebelumnya. Untuk delapan kelas yang dimaksud sebelumnya adalah :

HDC1 (Sport 150cc Tune Up Terbuka)

HDC2 (Underbone 150cc Tune Up Terbuka)

HDC3 (Underbone 125cc Tune Up Seeded)

HDC4 (Underbone 125cc Tune Up Pemula)

HDC5 (CBR150R Standart Pemula Khusus)

HDC6 (Underbone 150cc Tune Up Pemula)

HDC7 (Underbone 125cc Standar Pemula)

HDC8 (Matic 130cc Terbuka)

Disamping menggelar Honda Dream Cup (HDC) 2016, Astra Honda Motor (AHM) berkerja sama dengan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) juga menggelar ajang kontes modifikasi motor Honda yang diadakan setiap tahun yang bernama Honda Modif Contest (HMC) 2016 region Jawa Timur bertajuk “We Create We Ride” ini yang mana di seri Malang ini merupakan lanjutan seri sebelumnya yang telah diselenggarakan kota Tuban (19 Maret), Kediri (16 April) dan yang nantinya setelah seri Malang ini yaitu Jember (4 Juni).

Terdapat 10 kategori perlombaan di kelas motor tahun 2006 ke atas, antara lain ada Honda Matic Stock, Honda Matic Advance, Honda Matic Racing Style, Honda Bebek & Sport Racing, Honda Stickers/Decals, Honda Airbrush Grafis, Honda Air Brush Realis & Kartun, Honda Sport Fairing, Honda Sport Naked, dan Honda Free For All.

Berikut adalah ekspresi kemenangan para modifikator di Honda Modif Contest seri Malang.

 

Untuk kelas motor keluaran sebelum tahun 2006, ada Honda Choppy Cub dan Honda Free For All. Sedangkan dari kelas komunitas touring hanya terdiri dari satu jenis kategori, yakni Honda Touring Bikers Community. Dari total 13 kategori tersebut, Free For All (FFA) keluaran tahun 2006 ke bawah adalah kelas yang paling banyak pesertanya.

Berlanjut ke lokasi yang berada di depan panggung, ada beberapa booth sponsor yang memajang produk-produk unggulan dengan promo-promo menarik yang bisa didapat jika membeli produk saat acara berlangsung, Booth-booth tersebut diantara adalah Booth FDR, Denso, AHM Oil, KYT, Nissin, Showa, OHC, Musashi, Yutaka.

Sedangkan di Area Festival Zone juga menyiapkan beberapa hiburan menarik seperti lomba Tarik Tambang untuk komunitas motor Honda, Lomba Tamiya, Edukasi Teknologi Motor Honda, Baby Wash serta hadiah menarik untuk pengunjung dan diskon menarik pemilik kartu One Heart Card di merchant OHC.

HMC-malang03

Dipanggung utama, pengunjung bisa menyaksikan penampilan orkes melayu Sonata yang dipuncaki dengan penampilan atraktif bintang tamu dari Jakarta Duo Virgin.

IMG_20160501_090519

Agar pengunjung dapat merasakan langsung performa motor Honda terutama produk terbaru Honda antara lain New Sonic 150R, All New CB 150R, All New CBR 150R 2016, penyelenggara menyediakan arena Test Ride yang lumayan untuk sekedar merasakan performa dan akselerasi motor Honda, selain Test Ride pengunjung juga bisa mengikuti kompetisi Gymkhana dimana kompetisi ini menuntut kelincahan, kecepatan dan ketepatan dalam melibas cone demi cone yang telah disediakan oleh Marshal Gymkhana.

Kompetisi ini dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas Pelajar, Umum dan Komunitas, pemenangnya ditentukan jika peserta mampu dengan baik dan benar tanpa melakukan kesalahan saat melintas jalur, tidak menyentuh cone, kaki tidak menapak ke tanah setelah lepas dari garis start dan berakhir di garis finish, bahkan jika terpeleset atau menabrak hingga jatuh maka akan terkena diskualifikasi.

Antusiasme para peserta kompetisi sangat tinggi, dan untuk bisa mendukung para peserta ini dalam melibas trek yang telah disediakan, Honda telah menyediakan motor sport Light New Sonic 150R, motor ini dirasa sangat cocok di Gymkhana ini, bentuk yang ramping dengan suspensi motor sport dan torsi DOHC yang cocok baik di putaran bawah maupun atas.

Dan menjelang sore hari ratusan peserta yang mengikuti kompetisi Gymkhana menunggu waktu pengumuman juara 1-3 di masing-masing kelas, dan dari perhitungan waktu maka pemenangnya :

Kelas Pelajar :
1.  M. Zaifullah
2.  Ferry yulianto
3.  Zakaria
Kelas Umum :
1.  Bintang
2.  Satria
3.  Farhat
Kelas Comunity :
1.  Winna
2.  Sandy
3. Dimas

57258bef7080f-pembalap-cilik-mohammad-adenanta-putra_663_382

Kita kembali lagi ke Honda Dream Cup (HDC) 2016 dimana banyak pembalap muda bertalenta tinggi berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dan dapat mewujudkan impiannya, tanpa sengaja OB bertemu salah satu pembalap muda yang OB kira adalah salah satu penonton karena saking mudanya, pembalap muda ini bernama Mohammad Adenanta Putra, usianya baru 12 tahun berasal dari Kota Magetan namun pembalap ini meski baru berusia 12 tahun sudah menunjukkan talentanya, berdasarkan informasi yang OB dapat dari bertanya kepada sesama blogger, pembalap muda ini turun di 2 kelas ternyata yaitu HDC 5 (CBR150R Standar Pemula Khusus) dan HDC 7 (Underbone 125cc Standar Pemula), dan sebenarnya masih banyak pembalap muda lain yang turun di Honda Dream Cup (HDC) 2016.

IMG_20160501_121349

Berikut hasil balapan Honda Dream Cup (HDC) 2016 :

HDC1 (Sport 150cc Tune Up Terbuka)
Balapan pertama
1. Anggi Permana (Sidrap Honda)
2. Rheza Danica (Sidrap Honda)
3. Boy Arby (Honda Kawahara)
Balapan kedua
1. Anggi Permana (Sidrap Honda)
2. Rheza Danica (Sidrap Honda)
3. Deddy Kumohon (Honda Oei Sidrap)

HDC2 (Underbone 150cc Tune Up Terbuka)
Balapan pertama
1. Anggi Permana (Sidrap Honda)
2. Boy Arby (Honda Kawahara)
3. Wawan Hermawan (Astra Motor Racing Team Yogyakarta)
Balapan kedua
1. Wawan Hermawan (Astra Motor Racing Team Yogyakarta)
2. Ahwin Sajaya (Sidrap Honda)
3. Owie Nurhuda (MS Nissin)

HDC3 (Underbone 125cc Tune Up Seeded)
Balapan pertama
1. Ahwin Sajaya (Sidrap Honda)
2. M Nurgianto (Honda Loyaltech)
3. Wawan Hermawan (Astra Motor Racing Team Yogyakarta)
Balapan kedua
1. Ahwin Sanjaya (Sidrap Honda)
2. Wawan Hermawan (Astra Motor Racing Team Yogyakarta)
3. Syamsul Arifin (Astra Motor Racing Team Yogyakarta)

HDC4 (Underbone 125cc Tune Up Pemula)
Balapan pertama
1. Roni Kurniawan (Honda Daya)
2. Erfin Firmansyah (Sidrap Honda)
3. Yogha Dio (Honda Daya)
Balapan kedua
1. Tri Agung (Honda Simple Concept)
2. Yogha Dio (Honda Daya)
3. Wahyu Sanjaya (Honda Daya)

HDC5 (CBR150R Standart Pemula Khusus)
1. Yaasn Somma (Honda Daya)
2. Mohammad Adenata (Honda Simple Concept)
3. Achmad Dody Setiawan (Honda JTM)

HDC6 (Underbone 150cc Tune Up Pemula)
1. Pradana Bobby (Honda Simple Concept
2. Aitya Yana (Honda Kawahara)
3. Maro Sa (Sidrap Honda)

HDC7 (Underbone 125cc Standar Pemula)
1. Adita Yana (Honda Kawahara)
2. Mohammad Adenata (Honda Simple Concept)
3. Stefano Rossi (Honda Simple Concept)

HDC8 (Matic 130cc Terbuka)
1. Irfan Kurniadi (FBRT CLD BB5 CMS67)
2. Muhammad Akbar (SF Speedco Rollin Speed HJ NZO)
3. Agi Priangan (CCP Bee Speed Adidjaa Bon’s Speed)

Dari daftar pemenang diatas terlihat pembalap Anggi Permana dari Sidrap Honda yang meraih Podium 1 di kelas berbeda yaitu HDC1 Race 1 dan 2 (Sport 150cc Tuneup Terbuka) dan HDC2 (Underbone 150cc Tuneup Terbuka).

IMG-20160501-WA0053

Menjelang sore hari mendung disertai gerimis mulai membasahi sirkuit Kanjuruhan, bergegas para team balap mengganti ban balap motor dengan ban basah, namun ada juga yang tidak mengganti ban karena tidak membawa stok ban basah, setelah seluruh team sudah bersiap dan warm lap, bendera start di kibarkan Boy Arby yang mengawali Wet Race dengan cukup baik melesat didepan harus menerima kenyataan pahit.

IMG-20160501-WA0052

Saat guyuran semakin deras, Boy terpeleset dan terjatuh hingga peluang podium menjadi hilang. Akibat hujan yang semakin deras dan lap masih menyisakan 13 putaran lagi tersebut maka menjadi keuntungan bagi Wawan Hermawan yang saat itu memimpin balapan, Wawan Hermawan memang dijuluki sebagai Rain Master karena kepiawaiannya membalap saat hujan, namun hujan semakin lama semakin deras dan air menggenangi hampir seluruh sirkuit.

IMG-20160501-WA0041

Akibat hujan tersebut panitia penyelenggara pun akhirnya mengakhiri gelaran HDC 2016 seri Kanjuruhan Malang tersebut karena tidak memungkinkan meneruskan balapan dengan kondisi lintasan yang masih tergenang air cukup tinggi yang malah membahayakan para pembalap.

Ucapan terima kasih kepada PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) sebagai main dealer motor Honda wilayah Jatim dan NTT yang telah mengundang OB untuk meliput secara langsung gelaran Honda Drean Cup (HDC) 2016 dan Honda Modif Contest (HMC) 2016 di Stadion Kanjuruhan Malang kemarin.

Sampai jumpa di event otomotif selanjutnya, terima kasih atas kunjungannya.

GALERI FOTO HONDA DREAM CUP 2016 MALANG

Artikel terkait lainnya :

DATSUN

MODIFIKASI

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di ROAD RACE dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s